5 Pemain Muda Terbaik Ini Pantas Bermain Di Jepang Dan Korea

0

Debatbola.com – Dalam beberapa hari belakangan ini, bintang PSIS Semarang Pratama Arhan menjadi bahan perbincangan banyak orang. Hal ini dikarenakan bergabungnya Pratama Arhan dengan klub asal Jepang, Tokyo Verdy. Ini menandakan kualitas pemain muda Indonesia memiliki kelayakan bermain di luar negeri. Sebenarnya banyak pemain lain yang juga layak bermain di Jepang dan Korea Selatan.

Apabila diamati, pemain belia di BRI Liga 1 2021/2022 beberapa layak untuk bermain di Asia Selatan. Tercatat ada 5 pemain muda terbaik Indonesia yang layak bermain di Jepang dan Korea Selatan. Meskipun ke 5 pemain ini belum ada tanda-tanda akan hijrah, namun bukan tidak mungkin 5 pemain berikut akan ditarik klub luar. Lantas siapa saja mereka? Berikut nama-namanya:

1. Ronaldo Kwateh

Ronaldo Kwateh adalah pemain muda dengan bakat luar biasa di bidang sepak bola. Pemain ini mendapatkan kepercayaan dari Madura United untuk menjadi bagian penting di sebuah klub. Saat pertama kali bergabung, Ronaldo Kwateh baru berusia kurang dari 17 tahun, tepatnya 16 tahun 10 bulan 15 hari.

Meskipun berusia sangat muda, kemampuan dari Ronaldo Kwateh mampu menarik perhatian Tim Nasional Indonesia dibawah asuhan Shin Tae-yong. Putra dari mantan pesepak bola profesional Roberto Kwateh, memang sangat berbakat. Bakat sepak bolanya didapat dari ayahnya yang merupakan pemain sepak bola semasa muda.

2. Ramai Rumakiek

Pemain ini memang sangat layak dan pantas bermain di Liga Jepang atau Korea yang memiliki tempo permainan cepat. Namun hingga kini belum ada tawaran atau tanda-tanda Ramai Rumakiek akan bermain di Asia Selatan. Padahal dengan usianya yang masih muda dan skill yang dimiliki, sangat mungkin akan ada klub luar yang tertarik. Sejauh ini,

Ramai Rumakiek masih bermain di BRI Liga 1 2021/2022 untuk Persipura Jayapura. Bersama tim Mutiara Hitam, pemain berusia 19 tahun ini berhasil menarik perhatian pelatih Indonesia. Shin Tae-yong akhirnya merekrut Ramai Melvin Rumakiek menjadi bagian dari Skuad Garuda.

3. Marselino Ferdinan

Siapa yang tidak kenal dengan pemain yang satu ini? Rasanya pencinta sepak bola sudah kenal dengan nama ini. Marselino Ferdinan merupakan pemain muda yang sangat menarik perhatian dunia sepak bola tanah air. Pemain muda ini memiliki ciri khas dalam penguasaan bola dan umpan-umpannya.

Usianya yang baru 17 tahun tidak menjadi penghalang Marselino Ferdinand untuk beradu skill dengan lawan-lawannya. Pemain asal Persebaya Surabaya ini memang layak masuk tim inti di klubnya. Bahkan Marselino Ferdinan sudah dipercaya untuk bermain bersama Timnas Indonesia Senior. Debutnya bersama Timnas Senior adalah saat FIFA Matchday 27 Januari 2022 lalu.

4. Rizky Ridho

Pemain berposisi bek ternyata juga mampu menarik perhatian tim luar negeri apabila mampu bermain dengan cemerlang. Rizky Ridho merupakan salah satu bek muda asal Indonesia yang memenuhi kriteria tersebut. Namun belum ada tanda-tanda bahwa Rizky Ridho akan berhijrah ke liga luar negeri. Saat ini Rizky Ridho bermain untuk tim di BRI Liga 1 2021/2022 yaitu Persebaya Surabaya.

Pemain ini digadang-gadang menjadi bek masa depan Tim Nasional Indonesia. Rizky Ridho sejauh ini telah bermain bersama Persebaya Surabaya sebanyak 13 kali pertandingan dalam BRI Liga 1 2021/2022. Selain skill yang mumpuni, pemain ini memiliki tingkat disiplin yang tinggi.

 5. Alfeandra Dewangga

Sama seperti pemain sebelumnya, Alfeandra Dewangga juga bermain di lini pertahanan. Bek PSIS Semarang ini seringkali memberikan penampilan yang menarik bersama PSIS di BRI Liga 1 2021/2022. Bahkan dengan performa terbaiknya, Alfeandra Dewangga dipercaya untuk membantu Tim Nasional Indonesia dalam ajang internasional.

Pemain ini memiliki tipikal sebagai penjaga lini belakang yang modern dan visioner. Cara bermainnya seolah-olah mengetahui akan kemana arah bola selanjutnya. Tidak hanya sebagai bek, Alfeandra Dewangga juga mampu bermain dengan baik sebagai gelandang bertahan. Dengan berbagai kemampuan yang dimiliki, Alfeandra Dewangga sangat layak bermain di luar negeri.

Lima pemain di atas bisa mengikuti jejak pemain-pemain muda sebelumnya yang berlaga di luar negeri. Seperti halnya Witan Sulaeman, Asnawi Mangku Alam, Egy Maulana Vikri, dan terakhir adalah Pratama Arhan. Tinggal menunggu waktunya saja mereka direkrut tim luar negeri.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version