5 Pemain Indonesia Ini Tidak Jadi Bermain Di Liga Jepang

0

Debatbola.com – Saat ini Liga Jepang menjadi perbincangan hangat di masyarakat Indonesia setelah Pratama Arhan bergabung dengan tim asal Negeri Sakura. Memang ini merupakan salah satu prestasi yang membanggakan Indonesia. Padahal, sebelumnya juga banyak pemain Indonesia yang mengikuti masa percobaan untuk masuk tim Liga Jepang. Meskipun akhirnya tidak jadi membela klub asal Negeri Sakura. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya :

1. Andik Vermansah

Pemain Bhayangkara FC ini merupakan pemain yang pernah memperoleh kesempatan emas untuk trial di Jepang pada tahun 2013. Saat itu Andik Vermansah dipanggil Ventforet Kofu untuk membuktikan bahwa dirinya layak berlaga di Jepang. Ventforet Kofu memberikan waktu satu minggu untuk Andik Vermansah meyakinkannya.

Menurut kabar yang beredar, Ventforet Kofu tertarik dengan performa Andik Vermansah dan sempat memberikan tawaran kepada pemain Indonesia ini untuk bergabung. Namun sayangnya kesepakatan tidak terjalin antara kedua belah pihak. Nilai kontrak yang ditawarkan tidak bisa diterima oleh Andik Vermansah dan oleh pihak klub.

2. Syamsir Alam

Syamsir Alam mendapat kesempatan untuk uji coba bersama klub Jepang di Jubilo Iwata pada bulan Desember 2014. Kala itu Syamsir Alam tidak sendirian, bersama Ryuji Utomo, keduanya mendapat kesempatan menunjukkan bakat di hadapan petinggi klub. Selain itu penampilan mereka juga disaksikan oleh pemandu bakat dan pelatih klub Jepang.

Selama satu minggu, Syamsir Alam berada di Jepang bersama Ryuji. Keduanya berlatih dengan tekun di Jubilo Iwata sebelum tampil sesungguhnya di Fukuda Denshi Arena, Chiba. Kemudian Syamsir Alam pulang ke Indonesia untuk melanjutkan rutinitasnya sembari menunggu panggilan. Namun hingga beberapa minggu, tidak ada klub yang mengatakan ketertarikannya kepada Syamsir Alam.

3. Syakir Sulaiman

Syakir Sulaiman juga pernah menjalani tes untuk masuk tim Liga Jepang. Pemain ini menjalani tes pada tanggal 13-17 Desember 2013 bersama dengan Irfan Bachdim. Keduanya dites untuk menjadi bagian dari klub Ventforet Kofu. Bedanya Irfan Bachdim digaet Ventforet Kofu, sedangkan Syakir Sulaiman tidak jadi bermain di Jepang.

Padahal Syakir Sulaiman mendapatkan tawaran dari klub kontestan liga Jepang kasta 2 yaitu Ehime FC. Namun, Syakir yang merupakan pemain terbaik ISL 2013 akhirnya memilih tawaran Sriwijaya FC. Syakir Sulaiman pada akhirnya berkarir di klub Indonesia hingga dirinya tidak aktif bermain sepak bola. Pemain ini terakhir kali bermain sepak bola untuk Aceh United 2018-2019.

4. Gavin Kwan Adsit

Pemain Bali United ini ternyata juga pernah menjalani masa percobaan untuk bergabung dengan klub asal Jepang. Gavin Kwan Adsit hampir mewujudkan impiannya untuk bermain di luar negeri. Kala itu di tahun 2014, pemain ini mendapat tawaran untuk menjalani masa percobaan bersama klub J-League, FC Tokyo.

Namun sangat disayangkan, Gavin Kwan Adsit tidak lolos untuk menjadi bagian FC Tokyo. Kemudian pada Desember 2014, pemain ini kembali mendapat tawaran untuk bermain bersama Jubilo Iwata di kasta 2 Liga Jepang. Sayang, Gavin tidak dapat mengikuti kesempatan emas tersebut dikarenakan jatuh sakit.

5. Ryuji Utomo Prabowo

Ryuji Utomo Prabowo merupakan pemain muda berusia 24 tahun yang terkenal ulet menjaga lini pertahanan. Postur tubuh yang tinggi membantunya dapat dengan mudah memotong aliran bola. Sama seperti kebanyakan pemain sebelumnya, dengan performa yang baik Ryuji Utomo Prabowo mendapatkan tawaran bermain bersama klub Jepang.

Pada tahun 2014 pemain ini dipanggil untuk mengikuti masa percobaan bersama Jubilo Iwata. Namun sayang, klub asal Jepang tersebut tidak merekrut Ryuji Utomo Prabowo. Pada akhirnya pemain ini bergabung dengan Mitra Kukar, klub lokal Indonesia.

5 pemain tersebut memiliki prestasi yang baik di Indonesia. Namun sayang karirnya tidak berjalan baik untuk menembus liga Jepang. Semoga kedepannya banyak pemain Indonesia yang mampu menaklukkan bursa transfer Asia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

error: No !!!
Exit mobile version