5 Pemain Asing Debutan Liga 1 Musim 2022/2023

0
29

Debatbola.com – Pekan pertama Liga 1 musim 2022/2023 sudah bergulir pada akhir pekan kemarin. Sama seperti musim-musim sebelumnya, setiap tim melakukan pergerakan untuk merekrut pemain asing baru saat bursa transfer dibuka. Musim 2022/2023 menerapkan regulasi setiap klub bebas merekrut 3 pemain asing bebas dan 1 pemain asing dari Asia. 

Meski beberapa klub masih mempertahankan pemain asingnya, terdapat sejumlah klub yang merombak pemain asing baru. Kedatangan pemain asing debutan tersebut bukan hanya memberikan dampak positif bagi klub, melainkan memberi warna baru untuk sepak bola nasional. Berikut 5 pemain asing debutan Liga 1 musim 2022/2023:

Matheus Pato (Borneo FC) 

Sebelum membela Borneo FC, Pato sempat merumput bersama klub asal Korea Selatan, Daejeon Hana Citizen. Matheus Pato adalah satu-satunya pemain asing baru milik Borneo FC pada musim 2022/2023.

Penyerang yang bisa bermain di posisi sayap tersebut langsung tampil gacor pada turnamen pramusim Piala Presiden lalu. Pato sukses membawa Borneo FC melaju ke partai puncak menghadapi Arema FC. Dia juga berhasil meraih gelar pencetak gol terbanyak dengan 6 gol. 

Pada musim ini, Pato akan bekerja sama dengan Jonathan Bustos (Argentina), Kei Hirose (Jepang), dan Javlon Guseynov (Uzbekistan) di barisan pemain asing milik Borneo FC. 

Yuran Fernandes (PSM Makassar) 

Lini pertahanan PSM Makassar kokoh sejak kehadiran pemain asing asal Cape Verde, Yuran Fernandes. Selama tujuh pertandingan, baik Piala Presiden dan Piala AFC, klub asal Makassar tersebut hanya kebobolan 4 gol. 

Yuran membuktikan kapasitasnya sebagai bek asing berkualitas selama gelaran Piala Presiden 2022, meski hanya bisa mencapai babak perempat final, usai dikalahkan PSS Sleman. Sebelum bergabung bersama PSM, Yuran terdaftar sebagai pemain kasta kedua Liga Portugal, SC Torreense.

Abel Camara (Arema FC) 

Kepergian Carlos Fortes ke PSIS Semarang membuat Arema langsung bergerak cepat. Singo Edan merekrut pemain asal Guinea-Bissau, Abel Camara sebagai suksesor dan langsung bermain di Piala Presiden 2022.

Hasilnya, Camara mengemas dua gol dari lima pertandingan selama turnamen pramusim itu berlangsung. Dia juga membawa Arema FC menjadi jawara usai mengandaskan Borneo FC di depan pendukungnya sendiri. 

Pada musim lalu, Camara bermain untuk klub asal Portugal, Belenense SAD. Dia mencetak lima gol dari 24 penampilannya, termasuk gol saat melawan Sporting CP dan FC Porto. Camara juga pernah mengemban sebagai kapten tim. 

Ondrej Kudela (Persija Jakarta)

Persija terbilang beruntung mendapatkan tanda tangan Ondrej Kudela. Bek asal Republik Ceko itu adalah pemain berpengalaman yang pernah merasakan atmosfer Liga Champions dan Liga Europa. 

Pada musim 2019/2020, Kudela pernah bermain untuk Slavia Praha di Liga Champions. Dia bertemu klub-klub tangguh, seperti Barcelona, Inter Milan, dan Borussia Dortmund di Grup F. 

Di level internasional, Kudela pernah masuk ke dalam skuat Republik Ceko untuk ajang UEFA Nations League 2022/2023. Meski, dia tak mendapatkan kesempatan bertanding satu pun. Kini bersama Persija, Kudela siap membawa Macan Kemayoran merebut gelar juara Liga 1 musim 2022/2023.

Hanno Behrens (Persija Jakarta) 

Hanno Behrens menjadi pemain pertama asal Jerman yang merumput bersama Persija Jakarta. Pada musim ini, Hanno menjadi pemain asing ketiga yang direkrut oleh skuat asuhan Thomas Doll

Sebelum bersama Macan Kemayoran, Hanno pernah berseragam Hansa Rostock, klub yang bermain di kasta kedua Liga Jerman. Selama satu musim, dia mengemas enam gol serta enam assist dalam 30 penampilan di semua ajang.

Pria kelahiran Elmshorn, 26 Maret 1990 itu juga pernah membela Hamburg SV II pada 2008 hingga 2012, Darmstadt pada 2012 hingga 2015, dan Nuernberg pada 2015 hingga 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here