5 Kandidat Pelatih Barcelona Jika Ronald Koeman Hengkang

0
75

Debatbola.com – Akhir-akhir ini, masa depan Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona masih saja terus dipertanyakan. Beberapa laporan mengungkapkan isu bahwa presiden Barcelona, Joan Laporta didesak beberapa pihak dewan klub untuk memecat Koeman. Jika Koeman nantinya benar-benar dipecat, maka berikut adalah lima kandidat penggantinya.

Xavi

Nama Xavi tentu banyak dikenal oleh para pecinta si kulit bundar, entah itu penggemar Barcelona, maupun bukan. Di eranya, Xavi dikenal sebagai salah satu gelandang terbaik dunia. Kini, nama pria asal Spanyol menjadi salah satu kandidat terdepan untuk mengisi kursi kepelatihan Barcelona jika Ronald Koeman benar-benar didepak dari Camp Nou.

Pep Guardiola menjadi salah satu contoh kisah sukses mantan pemain menjadi juru ramu taktik raksasa Catalan. Jika Xavi benar-benar menduduki kursi kepelatihan Barca, maka ia dipastikan punya misi mengulang kisah manis Guardiola. Layak dinanti apakah sang gelandang legendaris Barca itu pada akhirnya bakal menjadi pelatih Barca atau tidak.

Roberto Martínez

Kandidat pelatih lain yang mungkin menjadi suksesor Koeman adalah pelatih timnas Belgia, Roberto Martínez. Seperti yang kita tahu, racikan Martínez telah berhasil menjadikan Belgia sebagai salah satu negara yang ditakuti di sepakbola Eropa. Dengan fakta demikian, Barca mungkin tertarik untuk merekrut pelatih kelahiran Spanyol tersebut.

Sejumlah sumber, salah satunya ESPN menyebutkan bahwa Martínez mendapat dukungan dari berbagai pihak untuk melatih Barca, termasuk dari Jordi Cruyff. Putra Johan Cruyff itu disebut mendukung Martínez untuk melatih Barca jika Ronald Koeman pergi. Sekarang, kita tunggu saja apakah Barca bakal merekrut pelatih Belgia itu atau tidak.

Antonio Conte

Berlabel salah satu pelatih terbaik Eropa, siapa yang tak berminat mendatangkan Antonio Conte. Mungkin, Barcelona hampir tidak pernah dikait-kaitkan dengan pelatih asal Italia tersebut. Tetapi bukan berarti klub yang bermarkas di Camp Nou itu mustahil untuk mendatangkan eks pelatih Chelsea, Inter Milan dan Juventus.

Conte dikenal karena tangan dinginnya yang tercatat berhasil membawa tiga klub terakhir yang ia tangani menjuarai kompetisi domestik masing-masing. Namun, jika Barca memang berniat merekrut Conte, maka mereka harus siap memberi apapun yang Conte minta. Pasalnya, Conte adalah pelatih yang tak suka jika klub tak mau menuruti apa yang ia minta.

Erik Ten Hag

Mengubah tim menjadi salah satu raksasa yang ditakuti di kancah Eropa, itulah yang dilakukan Erik Ten Hag selama beberapa musim menjadi peramu taktik Ajax. Bahkan, setelah ditinggal beberapa bintangnya, Ajax arahan Ten Hag tetap tampil impresif. Permainan mereka tetap agresif dan terlihat menakutkan bagi setiap lawan yang dihadapi.

Ten Hag dikenal sebagai pelatih yang punya pemahaman tinggi terhadap taktik permainan, dan bagi Barca, pelatih seperti inilah yang mereka butuhkan. Sayangnya, masuknya Ten Hag sebagai suksesor Ronald Koeman hampir mustahil terjadi. Pasalnya, pelatih 51 tahun itu sepertinya belum mau tinggalkan Ajax, dan ia juga masih punya kontrak yang cukup panjang.

Mikel Arteta

Barangkali, nama Mikel Arteta menjadi kandidat pelatih yang paling tidak mungkin bakal menggantikan Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona. Jika melihat track record Arteta di Arsenal, Barca kemungkinan besar tak mau menjadikannya pelatih. Kendati demikian, sebagai salah satu orang yang kenal Barcelona, Arteta masih layak dipertimbangkan.

Semasa masih aktif bermain, Arteta merupakan jebolan asli akademi Barcelona, dan ia pasti sudah mengenal betul karakter tim yang pernah ia bela itu. Arteta juga pernah bermain untuk Real Sociedad, jadi sedikit banyak, ia pasti tahu bagaimana persaingan di ajang La Liga. Lalu, apakah Arteta layak menjadi salah satu kandidat suksesor Koeman?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here