5 Fakta Menarik Dibalik Suksesnya Bali United Sebagai Juara Liga 1 Musim Ini

0
82

Debatbola.com – Bali United akhirnya Resmi menyandang gelar juara Liga 1 Indonesia musim 2021/2022. Gelar ini didapatkan Serdadu Tridatu jelang pertandingan lawan Persebaya Surabaya pada pekan ke-33 lalu. Perjalanan Bali United dalam merengkuh gelar juara tidaklah mudah, sempat terseok-seok pada putaran pertama, mereka mampu bangkit pada putaran kedua.

Gelar juara yang direngkuh Bali United ini sekaligus menjadikannya sebagai satu-satunya tim Liga 1 yang mampu mempertahankan gelar juara. Salah satu kunci sukses Bali United pada dua musim terakhir ini tidak lain yakni berhasil mempertahankan pemain kunci dan tidak mengalami banyak perubahan dari sektor manajemen. Ada 5 fakta menarik dibalik suksesnya Bali United sebagai Juara Liga 1 musim ini, berikut ulasannya:

1. Klub Liga 1 Pertama yang Menjadi Juara Dua Tahun Berturut-Turut

Sejak berlangsungnya era Liga Indonesia pada tahun 1994/1995 silam, belum ada satu tim yang mampu merengkuh gelar juara selama dua musim berturut-turut. Hingga akhirnya kutukan tersebut mampu dipatahkan Bali United pada musim ini. Bali United memang tampil sangat superior pada dua musim terakhir.

Berkat komposisi pemain bertabur bintang berpadu dengan manajemen yang profesional, Bali United mampu menjelma menjadi salah satu tim kuat di Indonesia saat ini. Dengan kedalaman skuad yang ada saat ini, tidak tertutup kemungkinan jika mereka mampu mempertahankan gelar juara pada musim depan.

2. Mencatatkan Rekor Kemenangan Beruntun

Meskipun penampilan Bali United pada paruh pertama kurang memuaskan, namun mereka berhasil memperbaiki hal tersebut pada paruh kedua Liga 1. Salah satunya dengan melakukan pembelian pemain bintang Irfan Jaya dan Privat Mbarga di sektor lini depan. Selain itu guna memperkokoh lini pertahanan, Serdadu Tridatu juga melakukan peminjaman pemain terhadap Abduh Lestaluhu dan Eky Taufik.

Alhasil, Bali United mampu tampil mengesankan. Meskipun beberapa tim mengalami inkonsisten saat badai Covid-19 melanda, namun Bali United mampu tampil sebaliknya. Bali United mampu memecahkan rekor kemenangan beruntun terbanyak sejak era Liga 1. Anak asuh Stefano Cugurra Teco berhasil memenangkan pertandingan sebanyak 9 kali secara beruntun.

3. Memecahkan Rekor Poin terbanyak Liga 1

Bali United membuktikan ketangguhannya pada musim ini. Pasalnya beberapa rekor tercipta musim ini. Salah satunya yaitu rekor poin terbanyak yang pernah dikumpulkan klub Liga 1. Bali United musim ini telah mampu mengumpulkan 72 poin. Raihan tersebut belum pernah dicapai tim manapun sejak era Liga satu bergulir tahun 2017.

4. Teco, Pelatih Pertama yang Meraih Gelar Juara Tiga Kali Berturut-turut

Rekor individu juga berhasil diraih pelatih mereka Stefano Cugurra alias Teco. Di musim ke empatnya berkiprah di Liga Indonesia, Teco mampu mencatatkan prestasi mentereng. Pelatih asal Brasil ini berhasil meraih gelar juara selama 3 kali beruntun. Uniknya, ia mampu meraihnya dengan dua tim yang berbeda. Gelar pertama didapat saat menangani Persija Jakarta pada 2018 serta bersama Bali United di musim 2019 dan 2021.

Teco mampu membuktikan jika dirinya merupakan salah satu pelatih terbaik di Liga 1. Berkat prestasinya tersebut, Teco layak disejajarkan dengan pelatih elite lain seperti Jacksen F. Thiago, Rahmad Darmawan, Paul Munster, dan Robert Rene Albert.

5. Peraih Trophy Liga 1 Terbanyak

Meskipun dapat dikatakan Bali United adalah klub muda, namun klub yang dulunya bernama Putra Samarinda ini berhasil menjadi salah satu tim tersukses di Indonesia. Terbukti selama gelaran Liga 1 berlangsung, Bali United merupakan peraih trophy terbanyak saat ini. Berkat gelar juara yang berhasil didapatkan musim ini, Bali United telah memiliki 2 trophy liga 1 sekaligus yang terbanyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here